oleh Rizki Kusumadewi Saputri,M.Psi.,Psikolog tentang apa yang saya lihat, dengar dan rasakan. Psikologi, Parenting, Resep Masakan dan Semua Tentang Wanita

Minggu, 20 Januari 2013

TIPS BELANJA ONLINE

Freepik.com




Banyak banget online shop yang berburu konsumen dari media sosial. Sekarang ga punya off place buat butik ya ga masalah. Bisnis ga perlu punya butik dulu kan? Media sosial seperti FB, twitter, blog, dll bisa dijadiin tempat bisnis. Gampang banget, buat aja media sosialnya, upload produknya dan share ke masyarakat maya. Mayoritas sekarang ini jualannya itu baju ya, macem-macem bajunya, macem-macem harganya, hehehehe.. (gpp, rezekinya juga udah diatur kok sama Alloh).


Maraknya online shop khususnya baju-baju cewek ini buat kita galau ya, bagus-bagus semua sih.. tapi pastinya pada milih harga yang murah dan juga domisili sama dengan online shop itu supaya ga kena ongkir. Ga sedikit online shop yang ga menyertakan deskripsi produknya. Bahannya apa, lebar pinggang berapa, lebar dada berapa, panjangnya berapa, jadi kita yang mau beli jadi galau lagi galau lagi. Udah pingin banget nih, tapi takut mengecewakan. Jangan takut, siniii.. saya kasih tipsnya..


Pertama, Anda wajib menanyakan bahannya apa. Kalo ditanya bahan apa ga mungkin deh yang punya online shop ga tau. Kalo kebangetannya memang beneran ga tau, ada baiknya Anda mulai main feeling. Buat Anda yang sudah sering belanja online, saya yakin feeling Anda sudah mulai bermain, apakah baju ini bagus atau tidak.


Kedua, Anda tanyakan fit to apa, jangan sampe Anda nyesel deh ya beli baju ga muat. Mending deh kebesaran, lha kalo ga muat gimana? sayang doank ya udah mahal-mahal beli plus ongkir pula. Kalo fit to apa, yang jualan ga mungkin ga tau. Kalo Anda tanyain lebar pinggang, lebar dada, panjang berapa, ada kemungkinan yang jualan ga tau juga kecuali barang sudah ready dipenjualnya. Kalo masih pre order, kembali lagi, mainlah feeling!


Ketiga, sabarlah menunggu orderan Anda jika produk yang Anda pesan pre order. Makanya, sebelum pesan, tanykanlah apakah barang ready atau pre order. Kalaupun pre order, jangan lupa tanyakan berapa lama. Jika sudah tau tanggal berapa ready barang, jangan melulu menyanyakan apakah barang sudah ready kepada penjual. Kasian penjualnya diteror terus :)


Keempat, bayar deh sesuai kesepakatan. Jangan gampang mesen tapi susah transfer. Kerja sama yang baik akan mendatangkan kebaikan lho, hihihi.. karna penjual online kan mau muterin duitnya lagi. Seandainyapun Anda mengcancel pesanan, biasanya Anda akan di blacklist dan kemudian identitas Anda akan di share ke komunitas online shop. Jadi, jangan harap Anda bisa belanja online lagi dimana-mana.


Kelima, kalo memang belum percaya dengan online shop itu, jangan coba pesan deh. Makanya sebelum mesen, cek ricek dulu keberadaan online shop itu. Mungkin Anda bisa mengecek komen konsumennya, atau ngobrol sama beberpa konsumen yang memang sudah sering belanja disana. Lainnya Anda bisa saja meminta no HP atau pin BB online shop tersebut. Kalo ga puas juga, minta sekalian alamatnya deh buat jaga-jaga. Hati-hati ya dalam belanja online.
Belanja online itu efisiensi waktu dan tenanga lebih lho, ga perlu keluar rumah, barang udah ngacir aja ke rumah kita. Ga perlu capek jalan sana sini buat milih-milihnya. Kalo berani belanja online harus berani ambil resiko ya kalo pesenan yang ditrima ga sesuai. Karna prinsipnya barang yang udah dipesen ga boleh dicancel dan barang yang sudah dibeli, ga boleh dikembalikan. So, be a smart buyer, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @pawonkulo