oleh Rizki Kusumadewi Saputri,M.Psi.,Psikolog tentang apa yang saya lihat, dengar dan rasakan. Psikologi, Parenting, Resep Masakan dan Semua Tentang Wanita

Kamis, 10 Januari 2013

CEMBURU TERHADAP PASANGAN

Freepik-TuttiFrutti



Pernah merasa cemburu ga terhadap pasangan? Cemburu itu wajar sih, ga cuma terjadi dalam hubungan pacaran, hubungan pernikahan juga bisa loh ditaburi rasa cemburu. Sebelum saya jelasin mengenai Jenis-jenis cemburu, ada baiknya kalau Anda tahu dulu apa sih definisi cemburu itu?


Kata kecemburuan (jealousy) berasal dari bahasa Yunani yaitu zelos yang menunjukkan kepada suatu usaha untuk menyamai atau melebihi, menujukkan semangat serta intensitas dari perasaan (Pines, 1998). Menurut Salovey (1991) kecemburuan merupakan suatu pengalaman emosi ketika seseorang merasa terancam hilangnya suatu hubungan yang penting atau bermakna dengan orang lain (pasangannya) terhadap ”rival” atau saingannya. Kata lainnya, kecemburuan  merupakan suatu reaksi emosi negatif yang bersifat sementara dan kompleks yang dirasakan oleh individu terhadap munculnya ancaman akan hilangnya suatu hubungan yang bermakna dengan pasangannya terhadap hadirnya pihak atau orang ketiga dan dapat memotivasi munculnya perilaku untuk membalas kecemburuan tersebut. Cemburu itu ada dua jenis ternyata. Kecemburuan didasari kecemburuan semata, dalam bahsa asing sih dikenal dengan Suspicious Jeaolousy dan kecemburuan yang terjadi karena kita memergoki pasangan kita benar-benar selingkuh yang dikenal dengan Fait Accompli/Reactive Jealousy.


Brinkle & Buunk (1991, dalam Brehm, 2002) menambahkan bahwa suspicious jealousy terjadi ketika salah satu orang dari pasangan tidak berbuat kesalahan dan salah seorang lainnya merasa curiga namun tidak memiliki bukti.  

Orang-orang yang mengalami suspicious jealousy biasanya mengalami :
1. kecemasan, ketakutan, keraguan yang berlebihan menganai apa yang dilakukan pasangan.Orang-orang yang merasakan ini biasanya bakal mencak-mencak kalo telpun, SMS atau BBMnya ga dibales sama pasangan, merasa gelisah waktu pasangan kita rapat atau kumpul dengan teman wanita. 

2. Ketidakpercayaan/kecurigaan yang terus menerus terhadap pasangan (obsesive mistrust of the partner), tidak mampu untuk berkonsentrasi kepada hal lainnya. Orang-orang yang merasakan ini biasanya ga bisa tidur nyenyak, ga bisa menikmati acara TV kesayangan dan ga bisa konsentrasi melakukan sktivitas karena dibayangi gambaran-gambaran ga mutu soal pasangan yang sedang bermesraan dengan teman wanita.


3. Perilaku-perilaku yang mencakup memata-matai pasangan, memeriksa petunjuk-petunjuk (clues) yang mungkin dapat membenarkan kecurigaan mereka dan berusaha untuk mengatur tingkah laku pasangan. Orang-orang yang merasakan ini biasanya ngintilin pasangan pergi kemanapun, meminta pasangan saya memberi laporan kegiatan dimanapun ia berada dan juga mencari informasi mengenai kegiatan pasangan dari teman terdekat.

Berbeda dengan suspicious jealousy, Fait accompli/reactive jealousy terjadi ketika suatu ancaman terhadap hubungan itu benar-benar muncul dalam kehidupan nyata, jelas, tidak ambigu, dan sifatnya merusak. Ancaman yang hadir dalam jenis kecemburuan ini adalah ancaman yang memang bersifat fakta, sesuatu yang diketahui telah terjadi, bukan hanya sekedar imajinasi/khayalan. Ayooo, termasuk pada jenis kecmburuan yang manakan Anda? (jawab dalam hati aja ya, hehehehe..) Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @pawonkulo