oleh Rizki Kusumadewi Saputri,M.Psi.,Psikolog tentang apa yang saya lihat, dengar dan rasakan. Psikologi, Parenting, Resep Masakan dan Semua Tentang Wanita

Rabu, 16 Januari 2013

TIPS HEMAT ALA ANAK KOS!

Banyak banget temen saya yang ngekos. Ada yang baru kali ini ngekos, ada juga yang udah lama ngekos (udah pengalaman). Beberapa waktu lalu, pas ga ada dosen, saya dan temen-temen gosip-gosip soal macem-macem dan akhirnya sampai pada pembahasan, "Kak KD, gimana sih caranya biar bisa hemat?". Senyum sumringah tersirat diwajah saya, "lha... aku aja ga pernah ngekos. Eitttss, tapi aku nerapin hemat ala anak kos kok!". Temen-temen pada majuin kursinya dan makin mendekat ke meja saya, ga sabar pengen tau tips hemat ala kak KD, eeiihh.. ala anak kos maksud saya..

Paling gampang dikerjain itu ya mencatat pemasukan dan pengeluaran tiap hari. Kalo saya sih manual, pake kertas binder. Hari, tanggal, pemasukan, pengeluaran, keterangan dan total pasti ga lupa saya tulis. Misal :

Senin, 14 Februari 2013
1. Kiriman dari babe      Rp. 500.000,-
2. Ojek ke kampus        Rp. 10.000,-
3. Makan siang              Rp. 7.000,-
4. Trans Jogja                Rp. 3.000,-

Selasa, 15 Februari 2013
2. Ojek ke kampus        Rp. 10.000,-
3. Makan siang              Rp. 7.000,-
4. Trans Jogja                Rp. 3.000,-
5. Foto copy                  Rp. 6.000,-
6. Uang khas                 Rp. 20.000,-, dan seterusnya

Saya nulisnya ga pake tabel-tabel, cuma gitu aja. Nanti akhir bulan diliat, antara pemasukan dan pengeluaran minus atau enggak. Jangan lupa, pengeluaran sekecil apapun harus dicatat. Ada baiknya ngerincinya langsung di excel aja, jadi ga capek ngitung.

Apa gunanya kita menulis pemasukan dan pengeluaran setiap hari?
Nah, gunanya itu banyak ya.. selain kita tau nih minus apa enggak pengeluaran kita perbulan, kita juga bisa melihat daftar pengeluaran terbesar kita dan mulai menimbang apakah itu bisa ditunda untuk bulan depan atau diganti yang lebih murah. Misal : Bulan ini beli sabun mandi merk X dengan harga Rp. 15.000,- (sabun mandi saya harganya segitu), nah ini kan namanya mubazir ya, kalo emang bisa dipres ya ganti aja bulan depan beli sabun yang harganya Rp. 3.000,-. Emm, tapi kalo memang pake sabun murahan kulit Anda alergi ya gpp sih tetep pake yang Rp. 15.000,- itu, nanti Anda pres dipengeluaran lain yang besar dan tidak terlalu perlu.

Setelah merinci pemasukan dan pengeluaran tiap harinya, ada baiknya Anda mulai menabung sedikit. Beli aja celengan yang murah-murah, Tiap pulang kuliah sisihin deh uang recehnya ke celengan. Seribu kek, dua ribu kek, seratus rupiah kek, lima ratus rupiah kek.. masukin aja setiap hari.

Nah, setelah itu dilakukan, ada baiknya Anda me-list apa saja kebutuhan Anda setiap bulannya. Misalnya, sabun mandi, gas, odol, parfum, sayuran, beras, gula, buah, dll. Ini dilakukan supaya ketika Anda belanja bulanan, belanjaan anda ga melebihi dari apa yang Anda butuhkan. Inget tapi yaaa.. jangan sampe menahan selera kalo emang pengen banget beli sesuatu, nanti jadi kaliren, hahahaha..

Kalo pengeluaran Anda sudah stabil dan pengeluaran terbesar di transport, diskusi sama ortu gih buat kirimin kendaraan, motor atau sepeda. Buat yang ga bisa nyetir, brarti harus hemat dengan bijak memilih angkutan. Jangan keseringan naik taksi kemana-mana. Pilih yang lebih murah, trans jogja misalnya..

Setelah itu semua Anda lakukan, ada baiknya Anda mulai masak sendiri sarapan dan makan malam Anda. Ini jauh lebih hemat ketimbang Anda makan diluar (tapi kalo doyan makan di angkringan atau makan yang menengah ke bawah ya gpp). Sesekali makan diluar juga ga dilarang kok kalo emang ga mau repot masak! Sadar ga sih, kalo kita masak sendiri itu, rasa kangen sama masakan mama di rumah pasti terobati, hehehehe.. kan makan makanan rumahan, ga kayak yang kita jajanin tiap hari. Oiya, kalo bisa bawa minum dari rumah deh (buat yang doyan air putih lho ya, bawa susu juga ga dilarang). Bawa bekal makan siang juga lebih baik (kalo saya kadang males beratin ta dan males nyepakke hahahaha..).

Apalagi ya? Sepertinya itu sih yang bisa saya share sebagai tips hemat ala anak kos! yaaaaa.. ini kalo mau hemat loh ya, kalo memang ortu ngasih uang berlebih ya gpp sih kalo ga melakukan apa yang saya lakukan ini. Jangan lupa sedekah, sisihin sedikit uang jajan buat sedekah. Hemat itu bukan berarti pelit kok, guys! Coba deh, jalanin sebulan aja.. pasti hidup Anda jauh lebih hemat. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Follow Us @pawonkulo