oleh Rizki Kusumadewi Saputri,M.Psi.,Psikolog tentang apa yang saya lihat, dengar dan rasakan. Psikologi, Parenting, Resep Masakan dan Semua Tentang Wanita

Kamis, 10 Januari 2013

PENYEBAB KECEMBURUAN

Freepik-Harryarts




Siapa sih yang ga pernah merasakan cemburu? Semua orang pasti pernah walaupun yang menjadikan pembeda adalah kadar dari kecemburuan tersebut. Kalau kadar cembuunya sedikit (dalam arti ga berlebihan lho ya) itu tanda kalau dia sayang sama kamu, tapi kalau kadarnya sangat tinggi bisa merusak suatu hubungan loh. Rusaknya hubungan ga cuma buat perceraian, tapi bisa sampe kepada pembunuhan atau bunuh diri. Nah, buat kamu yang terkadang bingung kenapa bisa cemburu sama pasangan, yukkk.. kita telaah sama-sama..

Buss (dalam Brehm 2002) menyatakan salah satu aspek yang dapat menyebabkan seseorang merasakan kecemburuan adalah faktor personal. 

Baik pria maupun wanita pada dasarnya tidak berbeda dalam kecenderungannya untuk merasakan kecemburuan, tetapi terdapat perbedaan-perbedaan individual yang dapat menyebabkan seseorang lebih mudah dan intens dalam merasakan kecemburuan, diantaranya sebagai berikut : dependence, kecemburuan akan terjadi ketika kita merasa bahwa hanya pasangan kita adalah satu-satunya orang yang bisa membuat kita bahagia dan tidak ada satu orang lainpun yang dapat menggantikannya.

Mate value, kecemburuan akan terjadi ketika kita menganggap pasangan kita adalah orang yang akan disukai banyak wanita/ lelaki. Susahnya punya pacar yang cantik banget/ ganteng banget atau malah pinter banget, atau malah kaya raya banget? hahahaha.. hati-hati loh, guys! Kalo ini terjadi, kamu bakal merasakan kecemasan ketika ada wanita/ lelaki lain yang mendampingi pasangan kamu.

Sexual Exclusivity , pasangan ga memperbolehkan kita melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis lain selain pasangan kita. Misalnya, dirangkul atau cium pipi sama lawan jenis walopun cuma temenan.


Past Experience, ini hubungannya sama pengalaman pacaran sebelumnya. Dulu seringkali dihianati atau disakiti misalnya, diselingkuhin dan dihianati pasangan. Sehingga sekarang kalau pasangan deket sama wanita/ lelaki lain kecenderungan cemburu akan meningkat. 
So, please.. kenalin diri kamu dulu. Kalau perlu list deh tujuan kalian pacaran itu apa. Bagi yang masih trauma karena diselingkuhin, mendingan netralin perasaan dulu sebelum siap untuk melanjutkan perjalanan cinta selanjutnya dengan orang baru. Jangan sampai penyebab kecemburuan ini merasuki kamu, guys! ciptakan suasana dan gaya pacaran yang sehat deh, biar awet alias langgeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @pawonkulo