oleh Rizki Kusumadewi Saputri,M.Psi.,Psikolog tentang apa yang saya lihat, dengar dan rasakan. Psikologi, Parenting, Resep Masakan dan Semua Tentang Wanita

Selasa, 23 Juli 2013

STRES KERJA KARENA NGANGGUR DI KANTOR

Serba salah memang. Kebanyakan kerjaan, kurang istirahat, bosen dengan kerjaan yang monoton bisa buat stres kerja muncul. Namun, bosan karena kurangnya pekerjaan, bosan karena tidak ada pekerjaan yang harus dilakukan di kantor juga bisa menimbulkan stres kerja. Apa sih stres itu?

Stres adalah respon-respon fisiologis dari tubuh terhadap tuntutan lingkungan maupun personal. Stres itu terjadi secara alami sebagai respon dari perubahan lingkungan. Sangat individual, bisa jadi mempengaruhi fisik dan mental. Stres terbagi dua, positif dan negatif.

Respon terhadap hal-hal atau kejadian yang bersifat negatif disebut DISTRESS. Respon terhadap hal-hal atau kejadian yang bersifat positif disebut EUSTRESS.

Nah, bosan, lesu, lelah karena tidak ada kerjaan di kantor itu termasuk pada Distress. Distress ini termasuk jenis stres yang buruk atau negatif. Apa sih Key Ingredients of Stress?

1. Stressors : apa sih stimulus yang buat kita jadi stres? Biasanya akan membuat feeling kita menjadi negatif.
2. Frekuensi : seberapa sering durasi dari stresor itu muncul
3. Intensitas reaksi fisik dan emosi karena stressors

Nah, kehilangan pekerjaan (dalam arti ga ada kerjaan di kantor), menurut data Reducing Stress oleh tim Handling sebesar 45% menyebabkan stres kerja pada karyawan.

Stres kerja karena ga punya kerjaan di kantor, bingung dan bosen mau ngapain di kantor, termasuk pada Role Ambiguity. Role ambiguity terjadi bila seorang keryawan tidak memiliki informasi yang cukup dan jelas untuk melaksanakan tugasnya. Menurut Everly & Giordano, 1980 faktor-faktor yang dapat menimbulkan Role Ambiguity adalah ketidakjelasan sasaran/ tujuan kerja dan ketidakjelasan tanggung jawab dan prosedur kerja.

Hendaknya, Anda sebagai karyawan yang aktif mampu mengambil sikap ketika role ambiguity terasa terjadi. Misalnya saja, Anda berinisiatif untuk bertanya dan "agresif" mengenai pekerjaan Anda. Jangan sampai role ambiguity menyebabkan anda bosan di kantor dan akhirnya benar-benar merasakan distress.

Kira-kira apa yang akan Anda lakukan jika Anda mengalami stres di Kantor? Sharing yuk dikomen.


1 komentar:

Follow Us @pawonkulo