oleh Rizki Kusumadewi Saputri,M.Psi.,Psikolog tentang apa yang saya lihat, dengar dan rasakan. Psikologi, Parenting, Resep Masakan dan Semua Tentang Wanita

Selasa, 26 Februari 2013

HAMIL AKIBAT ASAM LAMBUNG MENINGKAT

Lupa sudah kapan pertama kali punya penyakit maag. Lupa juga dulu awalnya rasanya gimana kalo maag udah kambuh, padahal makan teratur. Maag lama-lama buat sebel. Kalo telat makan, perut seringkali membusung bak wanita sedang hamil. Besar, kembung dan keras, sesak nafas juga. Kalo udah kambuh gitu, rasanya pengen buka smua yang nempel dibadan dan tiduran dengan daster yang longgar.

Kesel sering kejadian kalo udah telat makan siang, perut jadi busung, celana yang dipake kudu dibuka kancingnya karna blendungnya ga tanggung-tanggung. Sampe temen kampus smua heran, perut tipis kok bisa jadi sebesar itu. Satu-persatu temen mengelus perut kembung itu dan berkata, "keras banget sih..". Yayayaya, memang sudah ingin hamil, tapi ya mbok isine jangan makanan atau gas lambung tooooo..

Pernah juga kejadian, temen main ke rumah pas asam lambung naik. Pake kaos bele plus celana tidur karet duduk di teras bersila diatas kursi. Temen iseng foto perut dan tag ke FB, heboh deh 2000 friends di FB ngirain memang lagi hamil. Smua komen foto itu menanyakan knapa kok nikah ga ngundang-ngundang. Malah sampe digosipin hamil diluar nikah, ckckckck.. ada juga temen yang nanya ke mamanya seorang dokter, "ma.. ini foto hamil beneran ga?" sambil menunjukkan foto. Mamanya, seorang dokter menjawab, "iya hamil 4 bulan." dan lalalalalala.. gosip beredar di kampus "HAMIL DILUAR NIKAH!"
Sampai kuliah S2 juga masiiihhhhh juga asam lambung ini ga bisa kompromi. Sering bgt kambuh habis makan siang. Karna penasaran dan sering sharing sama dokter, akhirnya ditemukanlah bahwa sayuran kesukaan saya, yaitu kobis adalah penyebab kuat asam lambung saya naik. Yah, kobis memang enak kalo dimasak apa aja, dipake bahan campuran omelet enak, dipake buat campuran nasi goreng atau mie juga enak, dijadiin lalapan apalagi. Dan sekarang saya sudah tidak mengkonsumsi kobis. Tiap kali belanja ngelirik kobis, saya selalu berkata dalam hati, "maaf ya kobis, aku udah ga bisa makan kamu lagi kecuali kepingiiiinnnnnnn banget. Sampai ketemu kala aku pinginnnnn bangeeettt ya!".

Kedua setelah kobis adalah jeruk dan juga tomat. Waduh, ini juga kesukaan saya, sayang kadar asamnya tinggi. Pernah kejadian, makan mie aceh di Bungong Jeumpa Jogja, tak peresin jeruk nipis dan pesen minum jeruk nipis hangat. Sendokan dan sruputan kedua, berhasil sukses membuat saya bak wanita hamil 4 bukan. Langsung deh bayar dan ngeloyor pulang. Sampe rumah langsung ganti daster trus tiduran telentang. Sebel sih, makanan yang disuka malah jadi momok.

Nah, katanya lagi, maag kambuh bisa karena makanan yang kita konsumsi kurang bergizi. Saya pecinta sayur, ga suka makan ayam dan lemak lainnya, tetep kena juga ya. Makan sehari 3 kali, dengan porsi sedang juga tetep aja masih hamil tiba-tiba. Pengidap penyakit maag itu ga bisa kalo makan berat, ga bisa makan banyak dan kekenyangan. Lebih baik sedikit tapi sering ketimbang banyak sekaligus, dijamin deh pasti jadi wanita hamil lagi kalo dipaksa makan banyak.

Belum lagi ga boleh banyak makan bawang merah dan putih, ga bisa makan penyedap rasa dan merica, haduuuhhhh.. makan ajanasi tok sekalian, hahahahaha.. jadi payah sendiri kalo mau makan jadi ribet. Jadi, kalo pas lagi makan bareng temen-temen, pesenan paling ribet pasti pesenan pengidap maag deh, "mau pesen ini tapi gulanya dikit aja. Mau pesen itu tapi ga usah pake merica, mau pesen yang sana tapi jangan pake kobis, kembang kol atau brokoli". Menyedihkan!

Buat temen-temen yang belum punya penyakit maag (jangan sampe punya dink!) mending jaga pola makan dari sekarang deh. Jangan sampe seperti wanita hamil nantinya kalo telat makan. Apalagi banyak pantangan mau makan ini itu. Buat yang punya maag, hindari deh beberapa  makanan yang menyebabkan maag kambuh dan menyulitkan aktifitas. Sayangi dirimu guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @pawonkulo