oleh Rizki Kusumadewi Saputri,M.Psi.,Psikolog tentang apa yang saya lihat, dengar dan rasakan. Psikologi, Parenting, Resep Masakan dan Semua Tentang Wanita

Sabtu, 05 November 2016

MELAHIRKAN MURAH DAN MEMUASKAN DI JAKARTA (KLINIK FAKHIRA)





Hamil anak pertama dan periksa pertama kali di salah satu Rumah Sakit Jakarta membuat saya panik, hehe.. panik karna tergolong mahal. Okelah demi anak mahalpun tak apa, tapi kalo dihitung-hitung pengeluaran dan pendapatan khawatir akan mencekam (meskipun dapet subsidi dari kantor tetep aja pengen hemat, namanya juga emak emak ya, hehehe). Memang, setiap orang tua pasti memiliki pemikiran yang berbeda.


Mulailah saya berselancar mencari info melahirkan dan otomatis kontrol bulanan di Jakarta yang murah meriah ga pake muntah tapi ya, hehe. Murah meriah tidak membuat saya melupakan kualitas dokter kandungan ya.. tetap mencari dokter yang profesional. Sempat putus asa, hari gini mana mungkin ada dokter kandungan yang periksanya murah meriah. Bahkan untuk USG 2D maupun 4D di Jakarta lumayan juga harganya.

Lamaa berselancar, akhirnya saya menemukan tempat yang saya inginkan dengan prinsip MURAH MERIAH MEMUASKAN (3M). Namanya klinik Fakhira di Sawah Lunto. Kedengarannya ga meyakinkan ya karna CUMA Klinik, apa bagusnya dibanding Rumah Sakit? Memaaaang, CUMA Klinik tapi dokternya semuanya spesialis yang memang oke punya. Dokter yang paling fenomenal adalah dokter Gunawan. Wah, kalo mau kontrol kudu tahan antrian puanjang.. karna saya cuma bisa kontrol tiap malam (jam 8 malam) dan ga kuat kalo nunggu antrian, saya memilih dokter Henny.






Dokter Henny tergolong ceriwis, ini yang saya suka. Kadang kita baru pertama kali hamil dari rumah udah nentuin nanti mau tanya apa di RS, sampai RS ketemu dokter yang (mungkin) kurang komunikatif misalnya, membuat kita lupa apa aja yang mau kita tanyain. Nah, kalo dokter Henny, tanpa kita tanya beliau bakal jelasin panjang lebar tentang perkembangan ibu dan janin. Jadi asik kalo kontrol, beliau penuh semangat kita juga jadi semangat


Kualitas dokter yang oke punya ini ga lantas buat harga periksa jadi mahal. Biaya dokter GRATIS, administrasi Rp 10.000,- tiap periksa, USG 2D Rp 90.000,- gratis print. USG 4D Rp 170.000,- gratis print. Kelemahannya, USG 4D dengan harga tersebut tidak termasuk CD, rekam jantung dan hasil print juga kurang memuaskan, hehe. Lebih jelas kalo kita foto langsung dari TVnya. Klinik Fakhira juga menyediakan mobil ambulan untuk yang melahirkan lho





Sejak awal ke Fakhira jadi makin manteb buat lahiran disana yang khusus untuk lahiran normal. Kalo nantinya SC akan dirujuk ke Rumah Sakit tempat dokternya praktek dan tentunya bakal dapet harga jauh lebih murah (ga sampai 10jt). Waktu itu saya melahirkan normal dengan induksi 3 hari 2 malam di Fakhira dikenakan biaya kurang lebih 3,5jt (biaya 1 dokter spesialis, 2 bidan, kamar rawat inap 3 hari 2 malam, induksi, vacum). Alhamdulillah sekali.


Berikut kira-kira rincian biaya persalinan saya waktu itu (tahun 2016):
1.Paket persalinan 1 hari 2,4jt (sudah termasuk jasa dokter spesialis kandungan)
2.Dirawat di kelas Safa tarif 175rb/hari
3.Administrasi 10rb
4.Obat 30rb
5.Alat-alat 41rb
6.CGT 2X 60rb
7.Observasi bidan 60rb
8.Vacum 500rb
9.Laboratorium 270rb
Nah, ditotal sendiri ya biayanya.


Kesan melahirkan di Fakhira luar biasa. Kita bisa memilih melahirkan dibantu bidan saja atau dokter spesialis, tentu harganya beda ya. Waktu itu saya melahirkan dibantu dokter Henny dan 2 bidan yang sangat sabar sekali berhubung saya dibilang, "Ibu kritis sekali, apa apa ditanya detil" hehe.. mungkin bahasa kasarnya saya rada cerewet ya.. tapi bidan bidannya tetap sabar dalam menjawab semua pertanyaan saya.


Awal masuk di Fakhira jam 7 pagi saya dalam keadaan buka 1. Sebelumnya sejak jam 3 pagi saya sudah mules berkepanjangan. Dari 15 menit sekali selama 2 jam hingga 5 menit sekali dan diakhiri dengan bercak darah, buka 1 deh. Di Fakhira bidan langsung memeriksa ketuban dan ternyata sudah mulai rembes. Sigap, mereka menelpun dokter Henny dan keputusannya saya diberi inform consent untuk induksi, Allohu Akbar saya takut sekali


Suami meyakinkan saya untuk induksi. Anak saya harus lahir dalam 24jam karena khawatir ketuban habis padahal belum buka lengkap. Lama menjawab, bidan bidanpun menemani saya dan ikut meyakinkan saya. Hingga jam 11 siang saya baru menjawab iya untuk induksi. Langsung deh dipasang alatnya, itu juga saya masih ngoceh ngoceh tanyain ini itu sampai detil, untung bidan bidannya sabar sekali


Alhamdulillah, jam 4 sore sudah buka 4. Bidan-bidan heran juga kenapa diam-diam sudah buka 4, sebenernya mules banget tapi saya bawa tidur aja hehe.. jam 6 sore sudah buka 6 dan saya dipindahkan ke ruang melahirkan, tetap dengan kondisi diinduksi. Bidanpun berkata, "Ibu tahan sakit ya? Kok diem aja tau-tau udah bukaan segini".

Ada yang bisa nerka gimana rasanya diinduksi? MasyaAlloh.. Mulesnya bukan main. Nah, kenapa saya bisa tenang saat diinduksi? Jawabannya adalah karna mindsetnya adalah melahirkan dengan cinta. Sakit atau mules yang saya rasakan adalah usaha dari janin untuk mencari jalan keluar. Jadi, kenapa sakitnya harus teriak-teriakkan? Saya lebih pilih istighfar dan memberi semangat janin saya, "Ayo nakkk, semangat. Ummi kesakitan tapi Ummi tahan. Cari terus jalannya ya!" itu yang saya bilang ke janin saat mules terasa. Jadi suami dan bidan ga kena cabikan-cabikan kuku saya juga tidak saya omelin. Palingan saya suruh mijitin, hehe.. Intinya sih sakit, tapi ini memang harus dirasakan dan diterima karena janin sedang berusaha keluar lho.


Jam 6.30 sore sudah buka lengkap dan mules berkepanjangan, asa pengen mengejan pake banget dan diselingi rasa kantuk luar biasa. Suami yang mendampingi saya selalu menepuk pipi saya kalau kalau saya ketiduran, hehe.


Buka 10 dokter Henny masih otw Fakhira, sambil menungu dokter, bidan membantu saya memecahkan ketuban dengan meminta saya untuk mengejan. 30 menit baru berhasil pecah dan alhasil terlihat sudah agak hijau. Ga cuma sampai situ, 30 menit selanjutnya masih harus mengejan lagi untuk menurunkan kepala bayinya. Ah, bidan Puji I LOVE YOU! hehe.. (serius bidan Puji ini sabar bgt. Wajahnya juga ga serem, lembut bgt dan murah senyum. Waktu beberapa kali nahan mules bukaan beliau rela saya peluk kenceng bgt)

Setelah kepala turun dan sangat dekat, dokter Henny tiba. Cekatan, langsung action hehe.. Maklum baru pertama melahirkan, mengejan juga belum sempurna. Dokter Henny tetap memotivasi mirip orang marah gitu sama pasiennya, "Kalo ngedennya gitu kapan lahirnya!!!!" tapi itu ga buat saya sakit hati, malah buat motivasi. "Duh dok, maklum dong saya baru pertama" itu jawaban saya ditengah nahan mules haha.. Bahkan totalitas, dokter Henny menyuruh saya mendorong pinggang beliau saat mengejan, "Ngedennya tu pake maraaah.. kayak marah gituu. Ni dorong pinggang saya yang kenceng!!!" kata beliau sambil menempatkan kaki saya ke pinggangnya, alhamdulillah SUKSES LAHIR!! Totalnya 8 jam saya diinduksi sampai bayi lahir.


Setelah lahir, bidan menimbang dan mengukur bayi saya tentunya setelah dibersihkan. Dokter Henny mulai merajut sobekan-sobekan dan saya diberi kesempatan untuk IMD (Inisiasi Menyusu Dini) Alhamdulillah..

Nah, disini juga ada ibu-ibu yang anaknya lagi induksi juga bareng saya. Beliau masuk ruang bersalin saat saya selesai bersalin. Beliau bertanya, "Kok melahirkannya anteng banget, ga teriak-teriak? Tau tau udah lahiran aja". Itu tadi, mindsetnya.. Kalo sakit ya rasakan, terima saja, istighfar. Janin kita kan lagi berusaha keluar. Kita harus semangat karna sebentar lagi akan bertemu si kecil.

Setelah 2 jam di ruang bersalin, ganti baju dan belajar duduk, dll saya dibawa ke kamar di lantai 2 sambil menggendong bayi saya. Sesampainya di kamar saya beristirahat. Saya dan bayi tidak dipisahkan hingga saya pulang dari klinik. Keesokan harinya bidan-bidan juga memberi edukasi tentang pijat payudara, cara memandikan bayi, asi eksklusif, dll. Lengkap dan berguna untuk saya sebagai new mom. Menurut saya dengan harga yang terjangkau tersebut tidak merusak kualitas pelayanan sama sekali. Saya sangat PUAS, Alhamdulillah.


Lalu apa kekurangan dari klinik Fakhira. Masa iya plus semua? Kekurangan tetap ada. Dari segi kebersihan kamar mandi agak kurang, termasuk juga bangunan yang tua ya, properti kamar mandi juga menua dan belum diganti. Di Fakhira juga tidak menyediakan baju ganti sementara untuk bayi, jadi siap-siap popok, baju, minyak telon, bedong, topi, kaos kaki tangan, dll untuk bayinya (isi tas perlengkapan melahirkan ibu dan bayi untuk ke RS sudah saya post ya. Monggo dibaca). Oya, disana juga pembayaran semua cash, ga pake debit (INFO TERKINI : mulai tahun 2018 Klinik Fakhira sudah menyediakan debit card). Jangan khawatir, ada ATM centernya kok di depan kasir. Gimana, lengkapkan? Ada yang berminat bersalin disana? (Ini bukan endorse lho ya, hehe). Semoga bermanfaat ya untuk yang lagi bingung nyari tempat kontrol dan lahiran di Jakarta yang 3M

Catatan:
Klinik Fakhira Sawah Lunto Jakarta Selatan (klinik bersalin 24 jam) pas banget di belakang STIE Muhammadyah. Telp 02183707368.

Sebagai tambahan informasi untuk persiapan MPASI (Makanan Pendamping ASI) saat bayi berusia 6 bulan monggo follow instagram saya @pawonkulo.


Di sana banyak menu MPASI dan masakan rumahan untuk keluarga. InsyaAlloh menunya super praktis, anti ribet, hehe.. Boleh difollow buat temen-temen yang butuh ide menu MPASI kelak. Terima kasih.

26 komentar:

  1. Hi bun..
    salam kenal.
    Aku berencana mau lahiran d klinik fahira juga.
    tapi kemarin katanya biaya lahiran ga sampai 2 juta.
    koq bunda bisa sampe 4 juta?
    ada biaya tambahan lg ya bun?
    Kalo boleh tau. Biaya tambahan buat apa aja bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bunda Busy, maaf banget baru respon setelah 2 tahun komen ini ada ya.

      Ada biaya dokter spesialis 1,3jt kalo ga salah inget, vacum, induksi, kamar rawat inap 3 hari 2 malam :)

      Hapus
  2. karena ada induksi makanya harga nya meningkat bund..
    setau ku sih begitu pengalaman cerita dari temen temen ku, klo di induksi mules nya luar biasa banget, tp allhamdulilah ya bun normal, :-) :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bunda Mega, betul karna ada induksi makanya agak mahal. Ditambah lagi biaya dokter spesialis sekitar 1,3jt klo ga salah inget dan vacum juga kamar rawat inap 3 hari 2 malam.

      Mulesnya MasyaAlloh, bun hehehe..

      Hapus
  3. bun..salam kenal ya.. saya rencana nya mau USG 4D diklinik fakhira.. biaya nya brpa ya kira2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bunda Iqro, maaf banget baru respon setelah 2 tahun komen ini ada ya.

      Untuk harga USGnya bisa dicek langsung ke kliniknya ya. Mohon maaf belum bisa membantu :)

      Hapus
  4. hi bun.. aku lahiran di klinik fakhira... thn lalu puji Tuhan lancar dan dgn bantuan bidan.. byrnya ga smp 2 jt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bunda Fregie, maaf banget baru respon setelah 2 tahun komen ini ada ya.

      Selamat atas kelahiran babynya. Pasti sekarang udah besar ya :)

      Hapus
  5. kalo skr nopember 2018 harga usg 4 dimensi brp ya. mhn info. trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo pak Daniel, untuk harga USG 2018 saya belum update. Monggo ditelpun saja kliniknya ya. Mohon maaf belum bisa membantu :)

      Hapus
  6. Istri saya juga melahirkan anak ke 2 di fakhira,istri saya waktu melahirkan anak 1 di rs cipto mangunkusumo karena punya kesuliatan melahirkan anka pertama,alhamdulilah anak ke 2 di klinik fakhira dah sangat mudah karena bener2 di motivasi,dibimbing dan diberikan edukasi cara melahirkan yg benar oleh bidan2nya.konsultasi waktu itu dokter spesialisnya dr gunawan,tapi waktu lahiran hanya di bantu bidan sudah bisa melahirkan,alhamdulillah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Pak Andri Setiawan. Alhamdulillah. Selamat atas kelahiran anaknya. InsyaAlloh sholeh/ sholehah. Dokter Gunawan tetep jadi idola ya sampai saat ini, antriannya pasti makin puanjang hehehe.

      Hapus
  7. untuk skarang brapa ya biayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Pak/Bu Unknow :) mohon maaf saya belum update biaya persalinan tahun 2019 di Fakhira. Monggo ditanyakan langsung ke kliniknya ya. Terima kasih.

      Hapus
  8. Hai bun...saya jg lahiran di fakhira, tp yg di al barkah. Periksanya beda2 dokter. Terakhir sama dokter Henny yg emang ceriwis yaa bun, jd seneng konsultasi sama dia. Tp lahirannya sama bidan bun, Alhamdulillah gampang lahirannya. Jam 10 malem masuk klinik, katanya udah bukaan 4 krn emang udah mules2 dari rumah. Jam setengah 1 pagi dah ngajak ngeden dedeknya, jam 1 kurang dah lahir. Bidannya sabar2 banget padahal masih muda. Saya pake bpjs disana, jadi murmeeerrrrr syekaleeeee. Cuma 1 malam diruang inap + obat + kunjungan dokter spesialis 1x, 2 vaksin pertama buat babynya gak sampe 1jt !!!. Ruang inapnya tergolong bagus, kamar mandinya jg bersih. Pokoknya puas yaa di fakhira :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Bunda sylvia. Alhamdulillah semua lancar. Selamat atas kelahiran babynya. Pasti seneng bgt ya. Wah, biayanya murah sekali ga sampai 1jt. Sudah murah, puas juga ya drngan servisnya. MasyaAlloh.

      Hapus
    2. Bun info dong suka duka nya konsul sama dr henny, sebelumnya sih aku sama dr gunawan tapi kemaren aku coba ke dr henny krn masih cari yg nyaman buat aku konsul..thx

      Hapus
  9. Kmrn sya lahir disecar..kira2 di fakhira saya bs ga lahir normal.
    Yg pertama sy lhir normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Pak/Bu Unknown :) setau saya, dari beberapa pengalaman teman, mereka pernah melahirkan sesar kemudian bisa normal. Tapi itu juga dilihat dari jarak kehamilan anak pertama yg sesar ke anak kedua yang ingin normal. Srlain itu juga dilihat dari kesiapan ibu dan ijin dari dokter kandungan. Saran saya, konsultasi dulu ke dokter kandungannya ya, Bun untuk memastikan. SEMANGAT!

      Hapus
  10. Selamat malam .. apakah difakhira bisa untuk chek jahitan bekas oprasi sesar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam Pak/Bu Unknown :) Info lebih lengkap mohon langsung menghubungi klinik fakhira ya. Makasih

      Hapus
    2. Hai bunda rizki kusumadewi salam kenal, aku minta masukannya dong ya kesan dan kesan konsul sama dr henny

      Hapus
    3. Hallo bunda. Kesan saya selama konsul dengan dokter henny ini alhamdulillah puas. Beliau ini detil ketika memeriksa saya. Kalau USG dijelasin bagian2 bayinya, kondisi ketuban, dll. Ga terkesan buru2 saat konsul. Banyak kasih masukan dan nemberi semangat. Waktu membantu saya melahirkan juga begitu. Agak sedikit galak mungkin karena saya belum pinter mengejan waktu itu, hehe.. tapi galaknya ini bikin saya termotivasi untuk mengejan dengan benar. Dukanya, antrian agak panjang dan agak lama nunggu pasien yg sedang konsul karena yaitu tadi dokter henny ga buru2 kalo lagi konsul. Alhamdulillah seneng. Emm.. menurut saya, dokter kandungan ini cocok2an bun. Tergantung kita ini ingin ditangani dokter yg gimana. Jujur, saya sebelum sama dokter henny juga pernah ke dokter lain. Tapi pas ketemu dokter henny langsung klik. Beda2 kesannya tiap pasien, bun. Mungkin di luar sana byk juga yg ga cocok sama dokter henny. Jadi tergantung KLIK tadi itu lho, hehe.. SEMANGAT!

      Hapus
  11. Bun mohon bimbingannya. Saya bingung menentukan lahiran di klinik fakhira al barkah atau di fakhira sawah lunto nih.
    Kalo ingin menggunakan bpjs bisanya di klinik al barkah toh, tapi dokternya adanya laki-laki yg standby. (Kalo sewaktu2 harus ada tindakan). Dan info dari bidan untuk dokter perempuannya disana aga susah.
    Saya inginnya dokter perempuan saja.
    Atau saya lahiran di fakhira sawah lunto saja yah, yg dokter perempuannya jauh lebih bisa di andalkan?
    Nah namun saya bingung jika sewaktu2 harus SC apa bisa minta rujukan di fakhira sawah lunto.
    Jadi galau nih bun. Maklum baru anak pertama, mohon doanya juga bun. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo bunda kabarinaku.com yang lagi galau, hehe.. Menurut saya, kalau priotitas utamanya adalah dokter perempuan, pilihannya di sawah lunto (berdasarkan info dari bunda kalo di al barkah mayoritas dokter laki-laki). Coba ditanya lagi apakah di sawah lunto terima bpjs? Info tahun 2016 yang saya dapat saat melahirkan anak pertama di sawah lunto, jika akhirnya sesar tetap akan diberi rujukan dari sawah lunto ke RS tempat dokter kandungannya praktek, bun. Jadi melahirkan sesar di RSnya harganya jauh lebih murah. Ini info tahun 2016 ya. Ayo coba cek lagi ke sawah lunto apakah info ini masih berlaku sampai sekarang. InsyaAlloh semua lancar ya, bunda. SEMANGAT dan jangan galau lagi :)

      Hapus
  12. Hallo bunda sylvia. Kesan saya selama konsul dengan dokter henny ini alhamdulillah puas. Beliau ini detil ketika memeriksa saya. Kalau USG dijelasin bagian2 bayinya, kondisi ketuban, dll. Ga terkesan buru2 saat konsul. Banyak kasih masukan dan nemberi semangat. Waktu membantu saya melahirkan juga begitu. Agak sedikit galak mungkin karena saya belum pinter mengejan waktu itu, hehe.. tapi galaknya ini bikin saya termotivasi untuk mengejan dengan benar. Dukanya, antrian agak panjang dan agak lama nunggu pasien yg sedang konsul karena yaitu tadi dokter henny ga buru2 kalo lagi konsul. Alhamdulillah seneng. Emm.. menurut saya, dokter kandungan ini cocok2an bun. Tergantung kita ini ingin ditangani dokter yg gimana. Jujur, saya sebelum sama dokter henny juga pernah ke dokter lain. Tapi pas ketemu dokter henny langsung klik. Beda2 kesannya tiap pasien, bun. Mungkin di luar sana byk juga yg ga cocok sama dokter henny. Jadi tergantung KLIK tadi itu lho, hehe.. SEMANGAT!

    BalasHapus

Follow Us @pawonkulo