oleh Rizki Kusumadewi Saputri,M.Psi.,Psikolog tentang apa yang saya lihat, dengar dan rasakan. Psikologi, Parenting, Resep Masakan dan Semua Tentang Wanita

Selasa, 16 Juni 2015

TIPS SUKSES MENGERJAKAN PSIKOTES

Banyak sekali teman-teman yang bertanya kepada saya tentang persiapan menghadapi psikotes. Bahkan tidak sedikit yang menanyakan cara menjawab tes-tesnya. Perasaan pekewuh seringkali datang menghampiri ketika saya harus menolak dengan halus untuk tidak memberi tahu jawaban tes-tes tersebut. Tak jarang pula saya di cerca dengan kalimat "Sombong banget kamu" atau "Pelit amat sih!". Kalimat seperti itu sudah sering saya dapatkan. Saya hanya menjawab, "Maaf, kode etik" dan kemudian saya memberi jurus yang lebih jitu dari pada kunci jawaban psikotes untuk teman-teman yang akan mengerjakan psikotes. Jurusnya sangat mudah, namun terbukti sangat ampuh. Tidak perlu persiapan berat ketika Anda akan menghadapi psikotes guna melamar pekerjaan. 

1. Kontrol rasa takut dan cemas
Rasa takut dan cemas memang tidak dapat dihindari ketika Anda akan menghadiri psikotes, apalagi untuk kali pertama. Cemas, takut tidak dapat mengerjakan, takut hasilnya jelek dan tidak diterima oleh perusahaan yang Anda lamar mungkin seringkali muncul. Saran saya, berusahalah untuk membuang jauh-jauh perasaan itu. Cemas dan khawatir boleh saja, asal porsinya sesuai. Porsi sesuai yang dimaksud adalah jangan sampai perasaan itu malah membuat Anda stres dan menghambat Anda untuk mengerjakan psikotes dengan baik.

2.Tidur tepat waktu
Jika esok hari Anda akan menghadapi psikotes, saran saya tidurlah tepat waktu. Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk kesuksesan Anda mengerjakan psikotes. Tidur tepat waktu akan membuat tidur Anda berkualitas dan esok paginya badan terasa lebih segar. Bagaimana supaya Anda bisa tidur tepat waktu? Masih ingat poin 1? Ya, untuk mendukung Anda tidur tepat waktu, kontrollah rasa takut dan cemas dalam diri Anda. Perasaan negatif tersebut jika tidak mampu Anda kontrol akan membuat Anda sulit beristirahat dan akan menghambat Anda untuk mengerjakan psikotes esok hari.

3. Sarapan yang cukup
Sarapan sangat penting bagi tubuh Anda. Manfaat sarapan, selain memberi energi adalah membantu Anda untuk berkonsentrasi. Sarapan tidak perlu banyak-banyak, secukupnya saja. Sarapan seperti kebiasaan Anda saja, dengan roti ataupun nasi. Bagaimana jika Anda tidak terbiasa sarapan? Tidak sedikit orang jarang sekali sarapan, bahka ada juga yang mengalami sakit perut ketika sarapan. Anda yang tidak terbiasa sarapan, tetaplah masukkan beberapa suap makanan ataupun segelas susu/ teh masis hangat untuk menambah energi Anda. Jangan sampai perut Anda kosong. Rangkaian psikotes tidak sebentar dan membutuhkan konsentrasi, sarapan sangat penting untuk Anda.

4. Berpakaian nyaman
Anda tidak dapat memastikan ruangan tempat Anda akan mengerjakan psikotes. Namun, mayoritas Anda pasti membayangkan ruangan Anda ber-AC dan tidak jarang akan terasa sangat dingin di pagi hari. Sesuaikan pakaian Anda untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, tetap menggunakan baju lengan panjang agar terjaga dari dinginnya AC ruangan. Ataupun menggunakan baju lengan pendek tetapi tetap membawa blazer atau jaket untuk berjaga apabila ruangan sangat dingin. Berpakaianlah senyaman mungkin.

5. Siapkan alat tulis
Jangan malas membawa alat tulis ketika Anda akan psikotes. Siapkan pinsil HB dan 2B, rautan, pulpen dan alat tulis lain untuk berjaga-jaga. Saran saya, bawalah beberapa pinsil yang sudah Anda raut di rumah. Hal ini untuk menghindari pinsil yang patah saat mengerjakan psikotes. Jika Anda sudah membawa serep dan sudah diraut terlebih dahulu, Anda tidak perlu menghabiskan waktu ditengah psikotes untuk meraut pinsil yang patah. Jangan menunggu dan berharap pihak penyelenggara telah menyediakan alat tulis tersebut. Jangan sampai meninggalkan alat tulis di rumah membuat Anda batal mengikuti psikotes karena tidak memiliki alat tulis.

5. Datang lebih Awal 
Anda yang tidak terbiasa datang tepat waktu dengan alasan malas menunggu, saya sarankan khusus hari psikotes Anda, datanglah lebih awal. Datang lebih awal akan membuat Anda jauh lebih tenang saat mengerjakan psikotes. Anda dapat bersantai sejenak sambil menata kembali perasaan-perasaan negatif Anda agar terasa lebih siap. Selain itu, Anda juga punya kesempatan untuk ke toilet terlebih dahulu. Jika Anda datang tepat pada jam yang telah ditentukan, bisa saja Anda belum stabil dalam mengatur nafas (masih ngos-ngosan) dan perasaan Anda hari itu. Hal ini bisa saja membuat Anda lebih panik. Saran saya, datanglah 15-30 menit lebih awal dari waktu tes yang ditentukan.

6. Kerjakan sesuai diri Anda
Psikotes sangat beranekaragam. Saran saya, kerjakan yang Anda mampu dan sesuai dengan diri Anda. Tidak perlu sibuk berlatih atau mencari kunci jawaban soal-soal psikotes yang akan Anda hadapi. Cukup kerjakan sesuai kemampuan dan gambaran diri Anda. Jawaban psikotes bukan diukur dengan "benar" dan "salah", sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menjawab soal-soal psikotes Anda. Sekali lagi saya sarankan, jawablah sesuai kemampuan dan gambaran diri Anda.

7. Berdoa
Sebelum berangkat dan sebelum mengerjakan psikotes hendaknya Anda berdoa terlebih dahulu. Berdoa dapat menenangkan diri Anda dalam mengerjakan psikotes. Anda sudah berusaha mengerjakan psikotes dengan baik, maka dengan berdoa serahkan hasil akhirnya kepada yang Kuasa.

Nah, tips-tips di atas adalah tips andalan saya ketika teman-teman bertanya mengenai trik sukses mengerjakan psikotes. Jadi, jangan menanyakan jawaban psikotes pada saya ya, hihihi.. Tips-tips di atas terbukti membantu teman-teman saya mengerjakan psikotes dengan lancar. PERCAYA saja bahwa ANDA BISA! ANDA MAMPU! Semoga bermanfaat. Good luck!

Info seputar karir langsung dari psikolog, monggo mampir ke instagram @rifzanninstitute. Jangan lupa follow karena banyak info lowongan juga dari perusahaan-perusahaan favorit! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @pawonkulo