oleh Rizki Kusumadewi Saputri,M.Psi.,Psikolog tentang apa yang saya lihat, dengar dan rasakan. Psikologi, Parenting, Resep Masakan dan Semua Tentang Wanita

Selasa, 31 Maret 2020

DAFTAR PERALATAN MPASI

sumber gambar: artalex freepik
Berdasakan pengalaman saya, memilih dan membeli alat yang akan digunakan untuk MPASI sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Mencari informasi mengenai alat yang kita butuhkan saat MPASI ini sangat penting dalam kesuksesan proses MPASI. Hal ini dilakukan agar alat yang kita beli nantinya benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita dan bayi. Artinya, kebutuhan alat MPASI tiap ibu pasti akan berbeda. Nah, berikut ini peralatan yang saya beli sesuai dengan kebutuhan saya saat anak-anak saya MPASI. Alhamdulillah semuanya berfungsi bahkan setelah anak saya selesai MPASIpun alat-alat ini masih terpakai.

KUKUSAN
Alat kukus yang saya beli adalah dandang. Bentuknya seperti panci yang dilengkapi dengan wadah berlubang-lubang ditengahnya.


WADAH TAHAN PANAS
Wadah tahan panas yang saya beli berbahan kaca. Saya beli ukuran kecil dan besar, disesuaikan dengan besarnya kukusan. Wadah kecil saya gunakan untuk mengukus beberapa bahan sekaligus. Jadi, ketika mengukus, di dalam kukusan akan ada 3 wadah kecil. Wadah itu berisi 3 jenis makanan  yang berbeda dan dikukus bersamaan.

SLOW COOKER
Saya juga beli slow cooker 1,2 liter. Sengaja saya beli yang ukuran ini supaya setelah bayi selesai MPASI, slow cookernya tetap bisa saya gunakan untuk memasak makanan keluarga. Slow cooker ini sangat membantu saya. Malam hari saya menata semua bahan makanan di dalamnya. Tinggal saya set timernya, tinggal tidur, besok subuhnya makanan di dalam slow cooker ini sudah menjadi bubur. Saya tinggal memblender/menyaring makanan tersebut dan bisa segera disajikan. Saya menggunakan slow cooker karena alasan kepraktisan. Jika tidak menggunakan slow cooker, teman-teman bisa memasak bubur dengan kompor menggunakan panci.

BLENDER
Saya hanya menggunakan blender biasa yang ada di rumah. Jika teman-teman ingin membeli hand blander juga boleh. Hand blander juga bisa dibawa saat teman-teman traveling dan harus menyiapkan MPASI bayi.

FOOD PROCESSOR
Ini juga sering saya pakai untuk menghaluskan daging ikan maupun ayam. Saya tidak beli karena blender saya sudah disertai aksesoris chopper. 

BABY FOOD MAKER
Ini saya beli 1 set. Isinya ada beberapa jenis mangkuk, parutan, alat tumbuk, sendok, perasan buah jeruk. Semuanya terpakai saat saya membuat MPASI.

CETAKAN ES BATU/CUBE
Cetakan es batu ini saya gunakan untuk membekukan puree maupun homemade kaldu sebelum saya pindah ke plastik zip lock. Cube yang saya beli berbahan plastik, berukuran mini dan memiliki tutup kedap udara. Saya beli untuk menyimpan puree dan bubur yang akan saya sajikan malam hari. Saya seneng pakai cube ini karena ada tutupnya, jadi aman untuk menyimpan bubur yang dimasak pagi hari (yang disimpan di kulkas) untuk disantap malam harinya.

BIB/CELEMEK
Saya beli yang bahan karet dan ada wadah melengkung dibagian bawahnya untuk menampung makanan yang jatuh. Saya memilih bahan karet karena lebih mudah dibersihkan, tidak perlu dicuci menggunakan mesin cuci.

TERMOS
Termos ini saya gunakan untuk menyimpan bubur bayi agar tetap hangat. Biasanya dalam sehari saya hanya memasak 1x untuk 3 porsi. Porsi pagi langsung dihidangkan, porsi siang saya masukkan dalam termos ini agar tetap hangat dan porsi malam saya simpan di cube kemudian masuk kulkas. Saya gunakan juga untuk membawa MPASI saat bepergian bersama bayi.

KURSI MAKAN
Saya beli kursi makan yang pendek kakinya. Ini awet dan multifungsi. Masih bisa dipakai anak saya ketika usianya 4 tahun untuk bermain dan makan. Bahkan dulu ketika anak saya belajar jalan, kursi ini sebagai alat bantu mereka (didorong-dorong).

ALAT MAKAN
Piring yang saya beli adalah alat makan yang lucu. Berntuknya macam-macam. Tapi saya cuma punya 2 set aja, tidak beli terlalu banyak. Untuk sendok dan garpu, pada awal MPASI saya menggunakan sendok dan garpu plastik. Kadang juga yang karet agar tidak melukai mulut bayi. Seiring mereka besar baru saya berikan sendok stainless. Untuk cangkir, saat mereka MPASI perdana saya memilih cangkir yang bercorong denngan 2 pegangan supaya pas masuk ke mulut mungil mereka dan gampang dipegang.

PISAU DAN TELENAN
Sebenernya ini bis apakai yang ada di rumah jika telenan dan pisau yang di rumah dipercaya tidak ada bekas cabainya, hehe.. Saya beli baru 1 set aja khusus untuk MPASI. Tidak boleh dicampur untuk memotong cabai.

Seingat saya, sudah saya tulisakan semua daftar peralatan yang dibutuhkan untuk MPASI. Artikel menu MPASI perdana bisa dilihat di sini. Semoga informasi ini bisa membantu teman-teman untuk memilih alat yang tepat dan bermanfaat ya. Share yuk, alat apa aja yang teman-teman butuhin untuk MPASI perdana di kolom komentar. SEMANGAT MPASI!

Ide menu MPASI bisa diakses melalui instagram saya @pawonkulo. Di sana saya bagikan banyak resep masakan keluarga dan MPASI praktis. Semoga bermanfaat.



Info yang akan datang:

1. Persiapan hari H MPASI
2. Tips dan trik mengenalkan makanan pada bayi
3. Contoh tabel jadwal MPASI. Menu MPASI dan cemilan sehat ala @pawonkulo
4. Tips dan trik MPASI homemade (frozen food) untuk ibu bekerja, ibu rumah tangga tanpa ART, ibu rumah tangga yg mengurus lebih dari 1 balita



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @pawonkulo