Pengunjung Numpang Cerita

Selasa, 26 Februari 2013

HAMIL AKIBAT ASAM LAMBUNG MENINGKAT

Lupa sudah kapan pertama kali punya penyakit maag. Lupa juga dulu awalnya rasanya gimana kalo maag udah kambuh, padahal makan teratur. Maag lama-lama buat sebel. Kalo telat makan, perut seringkali membusung bak wanita sedang hamil. Besar, kembung dan keras, sesak nafas juga. Kalo udah kambuh gitu, rasanya pengen buka smua yang nempel dibadan dan tiduran dengan daster yang longgar.

Kesel sering kejadian kalo udah telat makan siang, perut jadi busung, celana yang dipake kudu dibuka kancingnya karna blendungnya ga tanggung-tanggung. Sampe temen kampus smua heran, perut tipis kok bisa jadi sebesar itu. Satu-persatu temen mengelus perut kembung itu dan berkata, "keras banget sih..". Yayayaya, memang sudah ingin hamil, tapi ya mbok isine jangan makanan atau gas lambung tooooo..

Pernah juga kejadian, temen main ke rumah pas asam lambung naik. Pake kaos bele plus celana tidur karet duduk di teras bersila diatas kursi. Temen iseng foto perut dan tag ke FB, heboh deh 2000 friends di FB ngirain memang lagi hamil. Smua komen foto itu menanyakan knapa kok nikah ga ngundang-ngundang. Malah sampe digosipin hamil diluar nikah, ckckckck.. ada juga temen yang nanya ke mamanya seorang dokter, "ma.. ini foto hamil beneran ga?" sambil menunjukkan foto. Mamanya, seorang dokter menjawab, "iya hamil 4 bulan." dan lalalalalala.. gosip beredar di kampus "HAMIL DILUAR NIKAH!"
Sampai kuliah S2 juga masiiihhhhh juga asam lambung ini ga bisa kompromi. Sering bgt kambuh habis makan siang. Karna penasaran dan sering sharing sama dokter, akhirnya ditemukanlah bahwa sayuran kesukaan saya, yaitu kobis adalah penyebab kuat asam lambung saya naik. Yah, kobis memang enak kalo dimasak apa aja, dipake bahan campuran omelet enak, dipake buat campuran nasi goreng atau mie juga enak, dijadiin lalapan apalagi. Dan sekarang saya sudah tidak mengkonsumsi kobis. Tiap kali belanja ngelirik kobis, saya selalu berkata dalam hati, "maaf ya kobis, aku udah ga bisa makan kamu lagi kecuali kepingiiiinnnnnnn banget. Sampai ketemu kala aku pinginnnnn bangeeettt ya!".

Kedua setelah kobis adalah jeruk dan juga tomat. Waduh, ini juga kesukaan saya, sayang kadar asamnya tinggi. Pernah kejadian, makan mie aceh di Bungong Jeumpa Jogja, tak peresin jeruk nipis dan pesen minum jeruk nipis hangat. Sendokan dan sruputan kedua, berhasil sukses membuat saya bak wanita hamil 4 bukan. Langsung deh bayar dan ngeloyor pulang. Sampe rumah langsung ganti daster trus tiduran telentang. Sebel sih, makanan yang disuka malah jadi momok.

Nah, katanya lagi, maag kambuh bisa karena makanan yang kita konsumsi kurang bergizi. Saya pecinta sayur, ga suka makan ayam dan lemak lainnya, tetep kena juga ya. Makan sehari 3 kali, dengan porsi sedang juga tetep aja masih hamil tiba-tiba. Pengidap penyakit maag itu ga bisa kalo makan berat, ga bisa makan banyak dan kekenyangan. Lebih baik sedikit tapi sering ketimbang banyak sekaligus, dijamin deh pasti jadi wanita hamil lagi kalo dipaksa makan banyak.

Belum lagi ga boleh banyak makan bawang merah dan putih, ga bisa makan penyedap rasa dan merica, haduuuhhhh.. makan ajanasi tok sekalian, hahahahaha.. jadi payah sendiri kalo mau makan jadi ribet. Jadi, kalo pas lagi makan bareng temen-temen, pesenan paling ribet pasti pesenan pengidap maag deh, "mau pesen ini tapi gulanya dikit aja. Mau pesen itu tapi ga usah pake merica, mau pesen yang sana tapi jangan pake kobis, kembang kol atau brokoli". Menyedihkan!

Buat temen-temen yang belum punya penyakit maag (jangan sampe punya dink!) mending jaga pola makan dari sekarang deh. Jangan sampe seperti wanita hamil nantinya kalo telat makan. Apalagi banyak pantangan mau makan ini itu. Buat yang punya maag, hindari deh beberapa  makanan yang menyebabkan maag kambuh dan menyulitkan aktifitas. Sayangi dirimu guys!

Senin, 18 Februari 2013

CEMBURU BUTA, AKHIRNYA JODOH JUGA

Dulu waktu SMP pernah punya mantan pacar, sebut saja namanya Ranting. Pernah janji kalo SMA mau satu sekolah. Bener aja, SMA saya dan Ranting satu SMA. Ranting naik kelas 2 SMA, saya kelas 1 SMA. Sayangnya sih sekarang keadaannya udah beda, Ranting ternyata udah punya pacar baru, penggantiku. Temen sekelasnya namanya Bunga. Orientasi anak baru, Bunga mendatangi saya dan langsung tau bahwa saya adalah mantan pacar Ranting. Padahal pacaran sama Ranting cuma 6 minggu, cinta monyet. Ranting mendatangi saya dan menyapa. Saya mengulurkan tangan untuk salaman tetapi Ranting membalas dengan mengatupkan kedua tangannya didada, sudah tidak bersentuhan dengan wanita kecuali pacarnya. Melihat kejadian itu, Bunga tersenyum sinis.

Sampai pada suatu hari, saya menjadi anggota OSIS. Bunga makin sinis. Pernah kejadian saya dan teman saya makan siang di kantin sekolah. Mulai dari masuk kantin, Bungan and the genk udah sinis aja ngeliatin saya. Alhasil saya ga dapet tempat duduk. Sengaja dipenuhi. Setelah minta tolong beberapa orang untuk geser, akhirnya saya bisa makan juga. Parahnya, ketika suapan pertama akan masuk ke mulut saya, pandangan Bunga membuat suapan pertama saya itu terurung masuk ke mulut. Sinis sekali caranya melihat saya. Entah kenapa nafsu makan saya jadi hilang dan memutuskan untuk keluar dari kantin sekolah.


Pernah juga kejadian, saat istirahat siang, saya sibuk ngurus berkas OSIS dan duduk di depan kelas sendirian. Tiba-tiba Ranting datang menghampiri saya dan duduk. Sempat mengobrol sebentar tiba-tiba Bunga menyambar tangan Ranting dan menariknya pergi dari hadapan saya. Saya hanya geleng-geleng kepala. "Cemburu buta banget nih mba Bunga. Padahal aku juga ga sama sekali gangguin pacarnya. Lagian, dapet bekasan aku aja kok ya somseknya minta ampun.. upsssss..".


Setelah siang itu, saya pulang sendirian. Lewatin wartel belakang KFC karna mau mampir foto copy. Eh, ada Ranting dan Bunga. Tadinya mereka duduk sebelahan agak renggang. Begitu saya lewat, Bunga lalu duduk berdempet dengan Ranting dan meletakkan kepalanya ke bahu kanan Ranting, "SUMPAH! mba Bunga lebay banget!". Aneh aja rasanya, takut banget Ranting kembali ke pelukan saya, hahahaha..

Sempet waktu itu Ranting main ke rumah saya, ngomongin soal acara sekolah. Lama-lama yang dibahas mengenai Bunga. Ranting meminta maaf ke saya karena sikap Bungan kepada saya. Saya hanya tersenyum dan mengangguk. Bagus kalo memang Ranting sadar akan kelakuan alay dan lebay pacarnya itu. Lha wong saya memang ga ganggu kok yo diperlakukan kayak begitu. Kecuali saya ini wanita nakal, sayangnya tidak ya. Alhamdulillah..

Beberapa tahun berlalu, saya makin kebal dengan sengitan Bunga. Makin pintar untuk menghindar dari berbagai ancaman lirikan mata Bunga kepada saya. Dan, akhirnya Bunga dan Ranting lulus dari sekolah itu. Setelah lama ga ketemu, Ranting pernah beberapa kali mengantar saya ke sekolah. Kebetulan saya dengan Ranting tetanggaan. Ranteing sering lewat depan rumah kalo mau ke kampus dan sering menawrkan saya tumpangan. Ya namanya juga rejeki, takut telat karna nunggu angkutan ya jelas saya mau donk diberi tumpangan. Percakapanpun terjadi..

"Seandainya waktu itu kamu menelpon aku, kita ga akan pernah putus", tiba-tiba Ranting berkata.
"Aku coba nelpon kamu sore itu, kara orang rumah kamunya ga ada. HP kamu ga aktif. Aku mau jelasin semua juga kamu ga pernah mau kasih aku kesempatan", jawab saya.
"Kenapa kamu ga ke rumah? usaha donk buat minta maaf sama aku", Ranting ga mau kalah.
"Emang aku sepenuhnya yang salah ya? Kamu yang kegatelan sama perempuan lainkan?" saya mencoba membahasnya.
"Yaudah, nasi udah jadi bubur. Aku juga udah punya Bunga sekarang.", Ranting menatapku ketika aku turun dari boncengannya di depan sekolah.
"Semoga jodoh sama mba Bunga. Makasih udah nganterin aku", saya berlalu begitu saja.

Lima tahun setelah itu, saya mendapat kabar dari mama bahwa Ranting menikah dengan Bunga. Ranting sendiri yang mengantarkan undangannya ke rumah. Sayangnya saya tidak bisa menghadiri pernikahan itu karena saya sedang di luar kota. Semoga bahagia ya Rnting dan mba Bunga. Jangan cemburu lagi sama saya, kan sekarang Ranting udah jadi punya mba Bunga, hihihihi..

Sabtu, 16 Februari 2013

TIPS ANTI KECEWA SAAT PDKT

Seringkali kita cepat menyimpulkan kebaikan seorang lelaki adalah tanda bahwa ia juga memiliki rasa yang sama seperti yang kita rasakan. Aslinya ya belum tentu, itu yang membuat kita sebagai perempuan seringkali kecewa saat PDKT. Ada baiknya Anda berhati-hati dan jangan terlalu cepat senang ketika target PDKT Anda perhatian dan baik pada Anda. Misalnya saja, Anda kerap BBMan atau WAan dengan target Anda, bercerita tentang aktifitas dari Anda dan dirinya mulai mata melek hingga merem lagi. Bertukar pic mengenai apa saja yang Anda dan target Anda lakukan diluar sana, curhat ini itu hingga minta tolong untuk diingatkan untuk minum obat, minta tolong untuk dibangunin pagi hari agar tidak telat ke kampus atau sampai dengan mengantar jemput Anda. Jangan keburu nafsu untuk geer dan berkesimpulan bahwa target Anda juga suka dengan Anda.

Dari pada akhirnya Anda mendapat kabar bahwa target Anda ternyata tidak menaruh hati pada Anda, lebih baik Anda yang terlebih dahulu berhati-hati saat PDKT untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sangat mudah untuk memberikan tips pada Anda, tinggal Anda mau au tidak menerapkannya. Awal sekali, Anda harus sering mengkroscek, apakah target Anda hanya perhatian pada Anda atau kepada orang lain juga. Kalo misalnya target Anda teman sekelas, Anda bisa menanyakan pada teman sekelas lainnya apakah teman Anda yang lain sering juga BBM atau WA dengan target Anda. Apakah target Anda juga seringkali perhatian dengan teman sekelas Anda lainnya. Kalo tidak sekelas, Anda bisa memancing dengan cara mengajak target Anda ngobol sampai akhinya Anda berhasil menanyakan siapa saja yang sering diperhatikan oleh target Anda. 

Langkah berikutnya jangan terlalu geer jika Anda seringkali diajak bercerita mengenai kegiatannya dan juga keluarganya. Tetep balik ke yang pertama, kroscek lagi, apakah ia hanya berceita pada Anda atau dengan telan lainnya juga? Ini juga berlaku ketika ia seringkali mengirimi gambar yang aneh seperti gambar bunga, gambar hati, gambar apapun yang mungkin akan membuat Anda klepek-klepek. Jangan langsung artikan apa yang ia beri adalah bermakna sama dengan makna yang ada dalam benak Anda. Misalnya, ia mengirimkan gambar mawar putih yang arti sebenarnya adalah kasih sayang untuk seorang kekasih. Jangan langsung berpikir ia cinta dengan Anda, Anda harus bisa membatasi perasaan Anda. Cari tahu terlebih dahulu apa maksud ia megirimkan gambar bunga mawar putih kepada Anda.

Sama halnya ketika ia hobi menghujani hati Anda dengan gombalan dan rayuan, ayoooo pandai-pandailah untuk menafsirkan arti gombalan dan rayuannya, siapa tau hanya bercanda atau Anda adalah tempat percobaannya? hahahaha.. Jangan langsung melayang-layang ya! Ketika Anda sakit dan ia terlihat amat perhatian, tetep ingat yang pertama adalah jangan terlalu cepat geer, krosceklah apa arti dari perhatiannya. Jika Anda tipe orang yang frontal, silahkan tanya dengan baik kepada terget apa arti semua perhatiannya kepada Anda. Tanyalah langsung mengenai kejelasan hubungan Anda kepadanya. Tapi jika Anda buakan tipe orang frontal dan lebih senang menunggu kejelasan, saran saya adalah akan lebih baik jika Anda menjaga perasaan Anda dan jangan cepat untuk menafsirkan sesuatu, rajinlah mengkroscek supaya Anda tidak kecewa dikemudian hari. Tapi yakinlah, senyum dan malu-malu yang Anda rasakan akan nikmat jika Anda ikhlas untuk membiarkannya bersemi sambil menanti kepastian. Anda boleh suka dengan siapa saja, boleh mengartikan kebaikan, perhatian dan gombalan seorang pria sebagai keseriusannya atau apapun asal Anda juga siap dengan resikonya. Apapun lho ya resikonya..


Jumat, 15 Februari 2013

MASAK ITU GAMPANG, BAKAL BUAT KETAGIHAN!

Nungguin dosen ga ada kerjaan, saya dan teman-teman melingkar di bawah tangga sambil ngemil keripik pisang coklat. Keluar isengnya, nanya deh "Seandainya istri kamu ga bisa masak gimana?". Kebanyakan jawab sih "..ya belajar terus smpe bisa, masa gara-gara ga bisa masak kontrak jadi istri diputus, hahahaha..". Masuk akal juga sih ya, nyuruh istrinya terus belajar masak. Nah kalo pertanyaannya, "kamu dibuatin sarapan sama istri, taunya ga enak.. keasinan misalnya, gimana?". Kalo temen saya yang ga suka asin langsung bilang, "aku makan tapi bawahku kranjang sampah, hahaha. Aku ga suka asin soalnya". Ada juga yang bilang tetep aja makan hasil masakan istrinya walopun keasinan lalu akan meminta istri terus belajar memasak. Nahloh, gimana ni para istri atau para calon istri yang belum bisa masak?

Masak itu ga susah kok. Ga perlu bakat, yang penting kemauan aja. Masalah rasa gimana? Nah, mulailah belajar masak pakai feeling, kata temen saya, masakan pakai cinta itu hasilnya akan menakjubkan. Kalo udah sering masak, udah tau tu takaran seberapa banyak garam, gula, merica bubuk untuk bahan-bahan sebanyak yang Anda masak. Ga perlu lagi contekan resep. Belajar masak dari yang gampang dulu aja, masak air, nasi atau juga mie instan. Setelah itu levelnya naik. Paling tidak Anda sudah belajar menghidupkan feeling dan passion untuk memasak.

Cerita nyata, temen saya yang baru datang ke Jogja untuk melanjutkan studi terpaksa harus kos, otomatis masak sendiri donk. Awalnya nangis dan nyesel karena dulu waktu masih bersama orang tua, disuruh belajar masak ga mau. Awal sekali temen saya itu belajar masak air, masak mie instan dan masak nasi. Kejadian lucu ketika ia mention di twitter kalau ia berhasil menanak nasi dengan baik. Emang sih masak nasinya pake rice cooker, tapi apa yang buat ia berhasil? Yap, feeling jalan akan takaran seberapa banyak air yang harus ia masukkan dalam beras itu.

Nah, setelah seminggu berturut berhasil masak nasi, mie instan dan lainnya (yang sedrhana dulu) barulah merambah ke yang lainnya, misalnya puding. Beli aja yang instan kalo emang belum mahir yang manual. Beli produk jelinya, trus buat deh, ini lagi-lagi belajar menegakkan feeling gimana caranya ini jeli berhasil dibuat. Nah, setelah semua yang sederhana berhasil, temen saya beralih ke masakan-masakan rumahan yang tumis-tumis. Dia bertanya kepada saya bagaimana caranya masak cah kangkung. Bahannya ga usah susah-susah, bawang merah, bawang putih, cabe hijau, cabe merah atau cabe rawit juga bisa (tergantung selera), garem, merica bubuk, dan kangkung pastinya. Saya menyarankan untuk menambahkan tempe pada cah kangkung yang akan ia masak. Saya beritahu cara masaknya, hanya lewat verbal saja. Sampai di kos ia mencobanya dan lagi-lagi berhasil, walopun saya belum pernah mencobanya, paling tidak good looking lah. Setelah itu merambah memasak sayur asem, kalo yang ini berulang beberapa kali, lalu memasak cumi-cumi yang awalnya sangat asin (ga ngerti cara masak cumi yang emang dasarnya udah asin). Yah, prosesnya kok yang penting.

Masak itu ga susah deh pokoknya, ga juga ribet. Teman saya sudah mahir memasak sekarang, hanya dalam waktu 1 bulan saja. Malah sudah mulai belajar membuat pop cake segala dan berencana membeli oven, mixer dan alat lainnya yang mendukung. Anda istri atau calon istri yang belum bisa memasak ga usah galau, belajar dari sekarang masih belum terlambat kok. Masak itu menyenangkan, bakal bikin Anda ketagihan untuk terus memasak. Cobain deh kalo ga percaya!

Senin, 11 Februari 2013

SENGIT DULIT : KETIKA KEBENCIAN BERSATU MENJADI CINTA

Saya punya temen bisnis yang gokil banget.. Mereka satu angkatan di kampus, sama-sama lama selesai kuliah sampai kena surat peringatan DO kalo gak segera skripsi. Kemana-mana selalu berdua, secara mereka rekan bisnis yang solid (menurut saya soulmate), tapi mereka sama-sama sok ga mau, "ciiihhhhh.. males aja sampe nikah sama dia!". Si cowok kurus tinggi, pendiam dan pekerja keras. 80% bisnis ini yang jalanin ya si cowok, dari belanja sampai memasarkan produk. Nah, apa kerja si cewek? TIDUR! Coba deh telpun ke nomer si cewek pagi hari, pasti ga diangkat karena masih tidur dan bangun jam 1 siang. Makan tidur emang suatu kenikmatan buat si cewek, uang ngalir terus, tinggal kipas-kipas, hahahaha..

Sempat pameran 1 bulan di salah satu mall besar di kota Medan, ya si cowok yang sibuk ini itu. Buka sampe tutup konter ya si cewek melenggang aja (si cewek agak galak), hahahaha.. Anehnya si cowok nurut banget sama si cewek, disuruh ini "njihhhhh" disuruh itu "njiiiiihhhhh", luar binasa. Sampai suatu saat saya nyeletuk, "kenapa sih kalian ga nikah aja? cocok loh..". Anda tau apa jawaban si cewek?

"Apa? nikah sama dia? males banget.. udah jelek, kurus, apa ga ada yang lebih ganteng? lebih kaya?", jawab si cewek.

"Kan penurut, pekerja keras, rajin solat, apalagi?", saya bingung.

"Kurang bagus mukaknya! Aku pernah ke rumah dia, mamanya malah bilang apa ga ada cewek yang lebih cantik dari aku..", si cewek ketawa.

"Mama si abang bilang gitu teh? teteh ga tersinggung?", tanya saya penasaran.

"Biarin aja, aku memang jelek kok, tapi jelek-jelek gini aku ga mau sama anaknya!", cewek itu bercerita semangat sekali, saya tertawa mendengar jawabannya.

Setahun berjalan begitu cepat, wisudalah bersama kami bertiga. Sama-sama terlambat saat wisuda dan tidak bisa masuk ke dalam gedung sebelum namanya dipanggil. Terpenting adalah, mereka berdua sehati untuk terlambat.

"Loh, kok sama-sama terlambat teh? padahal rumah kalian satu di ujung kulon satu diujung laut, aneh!", saya mengernyitkan dahi.

"Iya, dia jemput aku dulu tadi", jawab cewek sambil tertawa.

"Yaudah apalagi sih, udah baik banget dia dari ujung kulon mau jemput ke ujung laut, kan 2 jam perjalanan kalo dia jemputin teteh", saya merayu.


"Males, suruh dulu dia perbaiki mukaknya!" lagi-lagi itu jawaban si cewek.

Enam bulan setelah itu, saya mendapat undangan pernikahan dari si cewek. Bunga Di Tepi Jalan, ST dan Ranting Mengering Berjatuhan, ST. Kaget si cewek nikah dapet temennya 1 kampus. Kebetulan posisi saya saat itu di Medan (sedang liburan) jadi sehabis ngejob saya belain ke ujung laut untuk bertemu dengan cewek itu dan suaminya.

"Sayang ya teh Bungan ga jadi sama bang Randu, padahal dari dulu barengan terus. Suami teh Bunga siapa sih?", saya bertanya pada teman saya.

"Udah, liat aja deh nanti, pasti kamu kenal sama suaminya", teman saya tersenyum.

Sampai di gedung, saya masuk. Pengantin lagi ganti kostum. Mewah sih pernikahannya, saya hanya menyayangkan kenapa teh Bunga ga nikah sama Bang Randu. Bang Randu aja udah rela mlakukan apa aja demi teh Bunga. Jahat nih teteh!

Jeng jeng jeng, 15 menit kemudian, keluarlah pengantin itu, dannnn.. WOWO! saya kaget setengah mati, ternyata Ranting Mengering Berjatuha, ST itu adalah bang Randu! saya tertawa cekikikan, ketawa setan, bahagia.

Setelah kenyang kkerakusan makan, saya naik pelaminan untuk mengucapkan salam sambil foto, "tuh kan apa aku bilang, jodohkaaannnnn? sok ga mmau sama bang Randu, katanya mukaknya buruk?". Si cewek tertawa malu sambil memeluk saya erat. Selamat ya teteh dan Abang, semoga langgeng sampe nenek kakek. Jangan berantem yah.. ayooo buat anak yang banyak! hehehehehe..